0
Trimakasih atas kunjunganya, Salam dari Kami semoga bahagia slalu.

Kemarin seorang ahli statistik yang tinggal dirumah sebelah atau tukang yang slalu memperbaiki TV, LCD,Monitor dan elektronik lainnya, yang selalu siap untuk dipanggil memperbaiki TV di kota batam dan sekitarnya, telah pulang kekampung halamannya (pindah) beserta anak dan istri. kemungkinan ada hal-hal yang lebih baik menurutnya untuk dikerjakan disana dari pada terus menerus tinggal menetap dibatam. sebab rumah yang selama ini menjadi tempat tinggalnya telahpun dipercayakannya pada seseorang sahabat untuk dijual atau disewakan. Jadi menurut saya kemungkinan besar dia tidak akan kembali lagi kesini.

Untuk sementara waktu bagi siapa-siapa saja sahabat-sahabat kawan-kawan yang berada dikota batam jika membutuhkan seseorang yang mampu memperbaiki TV atau elektronik saya sarankan berkunjung ke komplek tanjung pantun jodoh kalau gak salah sekitar blok J sampai blok L, saya pernah juga kesana ada beberapa ruko disekitar sana yang berprofesi sebagai tukang perbaikan dan jual beli TV. saya yakin anda pasti dapat menemukannya.
Area repair elektronik

Tips Kerusakan Pada TV


Lampu indikator tidak menyala (mati total)

Untuk yang ini biasanya Regulator power suplay Rusakl ditandai dengan skring utama input arus ac 220 volt putus. atau bisa juga skring tidak putus tetapi tegangan B+ Nol vol.

Lampu indikator berkedip

Untuk kerusakan yang ini biasajuga power suplay bekerja tetapi tegangan B+ nya naik turun. kerusakan bisa disebabkan oleh TR horizontal jebol, fbt rusak / konslet, IC vertical rusak dan untuk mengetahui kerusakan perlu dilakukan pengecekan secara khusus.

Lampu Indikator Menyala

Kerusakan ditandai dengan lampu indikator menyala tetapi pada saat tombol power di ON kan TV tidak mau start, atau tv mau start dan menyala tetapi kemudian standby lagi, untuk kasus seperti ini biasa disebut Protex. Untuk beberapa merk tv seperti sharp cara mengatasinya harus dengan membuka titik proteksinya, kemudian dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Tidak Bersuara

Silahkan cek dibagian penguat amplifier, cek speaker dan audio output IC prosesor.

Tidak Bergambar

Kerusaka disebabkan sinyal video tidak masuk kerangkaian crt atau perhatikan lampu filamen di leher crt, apabila tidak menyala kemungkinan besar Resistor Heater putus.

Layar Berwarna Biru

Disebabkan tidak ada gelombang yang terdeteksi oleh tuner, silahkan cek tegangan 33 volt tuner, untuk tv cina ganti coil 6019 (letaknya didekat IC prosesor LA 768XX)

Suara Berdesis (ledakan)

Biasanya flyback bocor,mengatasinya bisa dengan mengganti Flayback Transfomer Atau tegangan tinggi dikarenakan regulator powersuply rusak.

Gambar Mengecil(garis mendatar)

Kerusakan seperti ini sangat erat hubungannya dengan blok vertikal, untuk gambar menyempit atas bawah cara mengatasinya dengan masuk ke menu servise mode, seting ulang vertical size nya.

untuk kerusakan layar bergaris mendatar cara mengatasinya dengan mengganti IC vertikal, apabila IC vertikal sudah diganti masih tetap bergaris kemungkinan IC prosesor juga rusak.

Buram Garis-garis Mendatar Berwarna Putih Terang

Kerusakan seperti tersebut diatas biasanya ada ganguan tegangan pada video ( tegangan 180 volt) yang mensuplay katoda RGB, untuk penangananya ganti saja Elco 10 mf 250 volt, atau periksa juga Resistor Fuse yang menghubungkan tegangan 180 v ke rangkaian crt.

Menu Tombol Berubah-ubah

Kerusakan seperti ini hanya karena kondisi tombol itu sendiri sudah usang / aus, cara mengatasinya dengan mengganti tombol tersebut dengan yang baru.

Warna Gambar Tidak Normal

Kemungkinan ada diode yang short pada output RGB, bisa juga disebabkan oleh soket crt, short pada Tr di rangkaian crt, dan bisa juga dari tabung crtnya yang rusak.

Gambar Melengkung Kebawah atau Keatas

Bagian horizontal Kemungkinan tidak bekerja, cek semua kapasitor di blok Horisontal.

Sekian yang dapat kami sampaikan dan masih banyak lagi tanda-tanda Kerusakan Pada Televisi.
Semoga Bermanfaat.

Catat Ulasan

 
Top