0
Tips Mantap, Mengolah Daging Lezat Tidak Bau Amis - Salah satu yang menjadi tantangan mengolah daging adalah menghilangkan bau amis yang berasal dari daging tersebut.  Memang sangat sulit menghilangkan aroma amis yang menempel pada daging, bahkan ketika sudah dimasakpun bau amis tersebut masih kerap muncul karena kesalahan pada mengolahnya dan membuat selera makan jadi berkurang, padahal seharusnya olahan daging dapat dinikmati dengan cita rasa yang lezat.

Padahal daging merupakan salah satu sumber protein salah satu nutrisi penting bagi tubuh untuk membantu otot dan jaringan tubuh lainnya. Protein juga menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh selama beraktivitas. Tradisi pesta daging sapi ataupun kambing sangat melekat pada masyarakat indonesia. Biasanya daging kurban diolah sesuai selera masing-masing di rumah menjadi gulai ,tongseng dan masih banyak lagi. Tekstur dan rasa daging kambing misalnya akan lebih gurih dan lezat jika paham cara mengolahnya dari awal hingga memasak daging dengan benar.

Daging Super Lezat

Berikut ini cara mengolah daging kambing supaya empuk lezat dan tidak bau amis saat dihidangkan:

Jangan Dicuci Cukup Direbus. Daging kambing yang sudah disembelih ataupun kita beli dipasar tidak perlu dicuci terlebih dahulu saat akan dimasak. Karateristik daging ini memang sedikit unik. Kalau cara mengolah daging kambing nya dicuci dengan air, maka bau khas prengus kambing akan semakin keluar. Daging cukup direbus sampai mendidih dan buang kotoran dan busa yang keluar selama proses merebusnya. Setelah itu bisa dimasak dengan bumbu sop kambing, gulai kambing atau yang lainnya.

Hilangkan Bau Khas Kambing Dengan Parutan Buah Nanas. Cara mengolah daging kambing supaya berkurang bau khasnya yang tidak sedap dengan menggunakan buah nanas. Kupas kulit luar buah nanas kemudian parut buah nanasnya (sebaiknya nanas yang masih muda). Setelah itu rendam daging kambing yang sudah dipotong-potong sesuai selera ke dalam parutan nanas. Pastikan semua daging terendam dalam parutannya kurang lebih selama 10 menit sampai 30 menit saja setelah itu bisa diolah dengan bumbu resep kambing andalan anda. Tetapi jangan merendam terlalu lama karena nanti bisa menyebabkan daging kambing yang akan kita olah menjadi terlalu lembek teksturnya.

Manfaatkan Cuka dan Tomat. Kandungan asam pada cuka dan tomat dapat membuat bau amis pada daging menghilang, daging akan menjadi lebih empuk pada saat diolah menjadi masakan. Selain itu, menggunakan campuran cuka dan tomat juga dapat membuat daging jadi tidak mudah basi.

Olah Kambing Menggunakan Daun Pepaya. Cara memasak daging kambing supaya cepat empuk adalah dengan dibungkus dengan daun pepaya. Cuci bersih daun pepaya atau cukup dilap dengan kain basah supaya kotoran dan debu yang mungkin menempel bisa hilang. Bungkus daging yang akan dimasak dengan daun pepaya supaya tekstur daging tidak alot selama beberapa saat. Setelah itu bisa diolah seperti biasanya.

Menggunakan Jahe. Jahe merupakan rempah-rempah yang memiliki aroma khas sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging. Kandungan enzim proteolitik pada jahe dapat memecah protein, sehingga daging yang sudah dilumuri jahe dapat menghilangkan bau amis dan juga membuat daging menjadi semakin empuk.

Buang Lemak Daging Kambing. Selain dari dagingnya sendiri, bau amis/prengus yang timbul dari daging kambing disebabkan karena lemaknya. Untuk itu sebaiknya lemak di daging kambing harus benar-benar dibuang terlebih dahulu. Untuk mempermudah proses ini, daging sebaiknya didinginkan terlebih dahulu di kulkas atau freezer. Setelah lemaknya mengeras kemudian bisa dengan mudah kita iris dan buang bagian lemaknya.

Menggunakan Perasan Air Jeruk Nipis. Untuk membuat daging kambing tidak bau amis/prengus adalah menggunakan air jeruk nipis. Siram air jeruk nipis diatas permukaan daging kambing sampai rata. Diamkan supaya air jeruk nipisnya meresap kurang lebih selama kurang lebih 30 menit sampai 60 menit.

Menggunakan Garam. Cara lain untuk mengolah daging kambing supaya tidak bau amis setelah dicuci adalah memberikan taburan garam dapur beryodium diatasnya. Kalau sudah terlanjur dicuci, taburi semua bagian daging kambing dengan garam dapur sampai benar-benar rata. Setelah itu jangan langsung dicuci. Biarkan dahulu selama kurang lebih 60 menit supaya garam meresap dan menetralkan bau amis darah kambingnya. Setelah itu bisa dicuci kembali dengan air dingin sebelum dimasak dengan resep kambing favorit andalan dapur anda.

Catat Ulasan

 
Top