0
Bunga lidah buaya /Aloe barbadensis Milleer
Bunga Lidah Buaya atau Aloe vera (Latin: Aloe barbadensis Milleer) merupakan tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Tamanan Bunga Lidah Buaya ini telah di kenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa.

Catatan sejarah yang ada menyebutkan bahwa Bangsa Mesir kuno telah mengetahui manfaat daun bunga lidah buaya sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1500 SM. Karena manfaat daun bunga lidah buaya yang begitu luar biasa, bangsa Mesir kuno menyebut tanaman bunga lidah buaya sebagai tanaman keabadian.Tidak hanya itu, seorang tabib dari zaman Yunani kuno yang bernama Dioscordes, menyebutkan jika salah satu manfaat daun bunga lidah buaya yakni memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Misalnya radang tenggorokan, bisul, rambut rontok, wasir, dan kulit memar, pecah-pecah serta lecet.

Kandungan Tanaman Bunga Lidah Buaya

Menurut data yang ada, tanaman Bunga Lidah Buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk di kembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.Tanaman Bunga Lidah Buaya memiliki beragam jenis. Setidaknya ada sekitar 200 jenis Tanaman Bunga Lidah Buaya yang telah di ketahui. Dari ke 200 jenis tersebut yang paling bagus digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis Miller. Jenis ini setidaknya mengandung 72 jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dari 72 zat tersebut terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.

Mengandung Antioksidan Menurut Dr. Freddy, beberapa unsur mineral yang terkandung dalam lidah buaya juga ada yang berfungsi sebagai pembentuk antioksidan alami. Misalnya vitamin C, vitamin E, dan zinc.

“Bahkan hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa dalam Aloevera barbadensis miller terdapat beberapa zat yang bisa berfungsi sebagai antioksidan,” ujarnya. Antioksidan itu berguna untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung, dan beberapa penyakit degeneratif.

Manfaat Daun Bunga Lidah Buaya

Bunga Lidah Buaya bersifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam lendir daun bunga lidah buaya terkandung zat lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit. Lendir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak cepat kering dan terlihat awet muda.

Selain wasir, daun bunga lidah buaya bisa mengatasi bengkak sendi pada lutut, batuk, dan luka. Daun Bunga Lidah buaya juga membantu mengatasi sembelit atau sulit buang air besar karena lendirnya bersifat pahit dan mengandung laktasit, sehingga merupakan pencahar yang baik.

Sejauh ini, menurut Dr. Freddy, penelitian belum menemukan efek samping penggunaan Daun bunga lidah buaya. Jika ada masalah, itu hanya berupa alergi pada mereka yang belum pernah mengonsumsi daun bunga lidah buaya. “Tapi, sejauh ini dari pasien saya yang mengonsumsi suplemen berbahan dasar daun bunga lidah buaya, reaksi yang muncul adalah karena daya kerja obat yang melawan penyakit,” katanya. Namun, yang perlu di ingat, menurut Dr. Freddy, sifat tanaman lidah buaya hampir mirip dengan buah apel yang bila habis di gigit langsung berwarna cokelat. Hal itu bisa menjadi tanda lidah buaya telah teroksidasi, sehingga beberapa zat yang di kandungnya rusak.

“Memang tidak semua unsurnya rusak, tapi siapa yang mau hanya mendapat ampas? Karena itu, sebaiknya segera konsumsi ramuan lidah buaya, baik yang di racik atau yang sudah di olah, agar lebih terasa manfaatnya,” lanjutnya.

Bunga lidah buaya /Aloe barbadensis Milleer

Berikut Ini Menurut Beberapa Sumber:

Cara Mengolah Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat dan khasiat lidah buaya memang sudah tidak diragukan lagi untuk dijadikan ramuan herbal alami sejak zaman nenek moyang terdahulu. Nah, berikut ini beberapa cara mengolahnya yang dapat dijadikan ramuan untuk mengatasi penyakit.

Cara Pertama Bahan-bahan :


  • Siapkan lidah buaya, kupas dan bersihkan dari lendirnya.
  • Selanjutnya potong-potong daging lidah buaya
  • Siapkan juga 2 sendok makan madu murni.

Cara membuat :


  • Siapkan wadah yang steril, lalu masukan potongan lidah buaya dan beri campuran 2 sendok makan madu.
  • Kemudian konsumsi ramuan tersebut secara rutin sehari 2 kali, dipagi dan sore hari sampai sembuh.


Cara Kedua Bahan-bahan :


  • Ambil lidah buaya berukuran 15 x 5 cm.
  • Pisahkan kulit dan daging lidah buaya, lalu bersihkan dari gelnya.
  • Selanjutnya potong-potong dan tiriskan agar getahnya larut.
  • Kemudian konsumsi daging lidah buaya secara langsung atau dapat di blender sampai lembut.

Catatan : Bagi ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi lidah buaya atau aloe vera.

Catat Ulasan

 
Top