0
Out door air conditioners
Peralatan service air conditioners (AC) merupakan peralatan tukang pendingin ruangan kengunaanya untuk melakukan service di sistem air conditioners ruangan.  Dimana terdapat banyak macam peralatan service air conditioners sesuai dengan fungsi dan kerja komponen yang mengalami masalah dan membutuhkan perawatan atau perbaikan.  Mulai dari mengecek kebocoran instalasi air conditioners, memotong pipa, membengkokkan pipa, menyambung pipa, mengganti freon dan lain-lain.

Peralatan service air conditioners yang lengkap sangat diperlu sekali dalam pengecekan dan proses perbaikan, tanpa alat -alat kerja yang lengkap, bisa berpengaruh terhadap hasil pekerjaan itu sendiri.

Berikut ini alat-alat atau perlengkapan yang harus dimiliki oleh seorang tukang service air conditioners:


Clamp Meter

Clamp Meter berfungsi untuk mengukur Ampere, Arus listrik AC/DC dan untuk mengukur hambatan ( ohm ).

Tool Set

Tool set yang digunakan untuk service air conditioners merupakan perkakas perbaikan secara umum, seperti obeng, palu, tang, kunci pas, dan lain-lain.

Thermometer

Thermometer berfungsi sebagai pengukur suhu. Teknisi air conditioners dan kulkas disarankan menggunakan thermometer digital dalam melakukan service sehingga pengukuran dan pembacaannya lebih akurat dan mudah.

Tubbing Cutter

Alat ini digunakan untuk memotong pipa tembaga. Biasanya digunakan saat perbaikan pada bagian pipa, seperti pipa ac yang terlalu panjang, terjepit, atau retak saat membengkokkan sehingga pecah.

Bending Tool

Bending tool adalah alat untuk membantu kita dalam membelokan atau membengkokan pipa air conditioners secara sempurna. Tanpa alat ini pun sebenarnya pipa air conditioners bisa dibengkokan menggunakan tangan, namun rawan sekali pipa menjadi gepeng atau patah.

Swaging Tool & Flaaring Tool

Swaging tool berfungsi untuk membesarkan salah satu ujung pipa agar kedua ujung pipa dapat disambung menggunakan las dengan sempurna. Sedangkan flaaring tool berfungsi sebagai pengembang ujung pipa sambungan berulir semisal nepel dengan sangat rapat sehingga kebocoran freon dapat terhindari.

Dental Mirror

Dental mirror adalah cermin khusus ini berfungsi untuk memeriksa hasil dari pengelasan pipa atau mencari jika ada kebocoran pada tempat yang kurang sukar atau sangat sulit untuk dilihat.

Leak Detector

Salah satu kerusakan pada sistem pendingin disebabkan oleh kebocoran. Untuk mendeteksi kebocoran dapat digunakan leak detector. Mencari kebocoran dengan leak detector sangat mudah, karena pada alat ini terdapat sensor deteksi refrigerant/ freon yang jika diarahkan dan didekatkan pada bagian yang bocor akan berbunyi.

Gauge Manifold

Gauge manifold di gunakan untuk mengukur  tekanan pada refrigerant atau freon di dalam sebuah sistem pendingin Air Conditioner atau AC. Selain pada pendingin AC, alat ini juga untuk mengukur tekanan pada refrigerator seperti pada sebuah kulkas atau freezer baik itu pada saat pengisisan atau pun pada saat beroperasi.

Pinch Off Plier

Pinch Off Plier ini berfungsi sebagai penggencet pipa pada mesin air conditioner atau AC supaya buntu, akan tetapi pipa tidak boleh patah atau bocor sama sekali.

Refrigerant

Refrigerant terdapat tiga jenis yang biasa digunakan untuk melakukan perbaikan. Refrigerant R22 biasanya digunakan untuk perbaikan pada AC split, sedangkan refrigerant R134a biasanya digunakan untuk perbaikan pada freezer atau kulkas dan R12 merupakan refrigerant model lama.

Vacuum Pump

Vacuum Pump berfungsi untuk mengosongkan refrigerant pada system AC dengan cara menghilangkan gas yang tdak terkondensasi seperti uap air dan udara. Ini dilakukan untuk mengoptimalkan kerja AC.

Blander

Blander berfungsi sebagai penambal, melepas atau menyambung sambungan pipa pada sistem refrigerator dan sistem pendingin air conditioners (AC). Bisa dengan gas LPG, kompor minyak tanah, camping gas, dan juga bisa menggunakan gas karbid atau acetyline.Dan untuk menyambung sambungan ini menggunakan kawat tembaga, perak atau timah.

Water Pump

Water pump fungsinya untuk mencuci unit AC indoor atau bagian evaporator dan outdoor atau pada bagian kondensor.

Catat Ulasan

 
Top